9 Buah Dan Makanan Penurun Darah Tinggi

9 Buah Dan Makanan Penurun Darah Tinggi

Alam ini telah menyediakan banyak buah dan bahan alami yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Pengobatan alami saat ini banyak dilakoni oleh beberapa orang. Selain biayanya lebih rendah,efek sampingnya pun sangat sedikit bahkan nyaris tidak ada.

Berikut beberapa buah dan bahan alami yang berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Mentimun

Kandungan potasium, magnesium, dan fosfor dalam mentimun efektif mampu mengobati hipertensi. Selain itu, mentimun juga bersifat diuretik karena kandungan airnya yang tinggi sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Semangka

Kandungan air dan kalium yang tinggi dalam semangka sangat bagus untuk Anda yang menderita hipertensi. Selain itu, senyawa aktif kukurbositrin pada biji semangka dapat memacu kerj ginjal dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

  1. Seledri

Kandungan pthalides dan magnesium dalam seledri baik untuk membantu melemaskan otot-otot sekitar pembuluh darah arteri dan membantu menormalkan penyempitan pembuluh darah arteri. Selain itu, pthalides dapat mereduksi hormon darah arteri . selain itu, pthalides dapat mereduksi hormon stres yang dapat meningkatkan darah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pthalides dapat mereduksi tekanan pembuluh darah hingga 12-14 %.

Masyarakat China tradisional sudah lama menggunakan seledri untuk menurunkan tekanan darah. Dikarenakan seledri juga mengandung apigenin yang sangat bermanfaat untuk mencegah penyempitan pembuluh darah dan tekanan darah dan tekanan darah tinggi. Selain itu, seledri juga mengandung gizi tinggi, vitamin A, B1, B2, B6, dan C. Seledri juga kaya akan pasokan kalium, asam folic, kalsium, magnensium, zat besi, fosfor, sodium, dan banyak mengandung asam amino esensial.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah saat mengonsumsi seledri, jangan dicampur dengan obat medis karena dapat memunculkan zat yang baru dalam tubuh.

  1. Anggur

Kandungan Kalium dalam anggur dapat menekan kadar garam (natrium) berlebih. Oleh karena itu, jika Anda bosan mengonsumsi mentimun atau semangka, tidak ada salahnya Anda mencoba buah yang satu ini untuk menurunkan kadar tensi Anda. Harga anggur memang cukup mahal. Anda harus memperhitungkan dan menyesuaikannya dengan kondisi keuangan Anda, buah lain yang memiliki kandungan kalium tinggi adalah pisang.

  1. Bawang Putih

Beberapa penelitian menunjukan bahwa bawang putih sangat efektif untuk mengobati beberapa penyakit. Bahkan ekstrak bawang putih dapat melawan jamur dan bakteri. Hal ini membuat bawang putih menjadi satu diantara obat paling efektif di dunia. Berdasar penelitian yang dilakukan oleh dua orang peneliti dari Department of General Practice –Flinder University, di Adelaide, Australia Selatan menunjukan bahwa responden yang mengonsumsi sediaan bawang putih mengalami penurunan tekanan darah sistolik (tekanan pada dinding pembuluh darah saat jantung berkontraksi).

  1. Mengkudu

Kandungan scopoletino dalam mengkudu dapaat mengontnrol tekanan darah dalam tubuh. Zat ini bermanfaat melebarkan pembuluh darah yang menyempit sehingga daph normal pada penderita diabetes.

baca juga : Obat Tradisional Penyakit Rematik

Selain itu, mengkudu juga mengandung zat bernama proxeronine yang berfungsi memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Cokelat

Berdasarkan penelitian yang pernah dipublikasikan oleh salah satu Institut di negeri Paman Sam mengemukakan bahwa cokelat memiliki efektivitas dalam menurunkan tekanan darah. Cokelat terutama dark choco memiliki potensi menurunkan tekanan sistolik hingga 5 mmHg. Walaupun terkesan kecil, pennurunan sebesar itu mampu menurunkan risiko sstroke hingga 30 % dan serangan jantung hampir 16% .

  1. Leci

Leci mengandung kalium yang mempunyai peranan penting bagi tubuh. Zat ini dapat meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Kentang

Rasio kalium terhadap natrium yang tinggi pada kentang sangat menguntungkan bagi kesehatan, khususnya terhadap pencegahan timbulnya penyakit tekanan darah tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

      jasa seo profesional
      Jasa SEO Otomatis mulai10rb/keyword Buat Situs anda ditemukan di top-10