Ini Dia 12 Khasiat Terbaik Buah Anggur

Anggur termasuk jenis tanaman merambat, benar bukan? Anggur diyakini berasal dari Armenia. Namun, bangsa Timur tengah sudah mengenal dan mulai membudidayakan anggur sejak 4000 tahun SM, bangsa Mesir Kuno mengembangkan anggur untuk diolah menjadi arak. Dari sini, teknik pengolahan anggur setelah itu menyebar hingga ke Yunani, Perancis, Spanyol, Jerman, dan Austria. Lalu Christoper Colombus mengenalkan teknik pembuatan minuman anggur ke Amerika, Afrika dan juga Asia, saat dia menjalankan perjalanan berkeliling Global melalui jalur Bahari.

Ada  beberapa jenis anggur yang biasa tersedia di pasaran, mulai dari jenis anggur berwarna kehitaman, hitam, hijau, hingga yang berwarna ungu. Saat matang, daging buahnya berasa manis dan mempunyai banyak kandungan air. Rasa manis di anggur menunjukkan kadar glukosa dan fruktosa yang sangat tinggi. Selain itu, anggur kaya akan zat antioksidan dan antimikroba sehingga mampu menangkan beberapa penyakit.

Kandungan dan Senyawa Anggur

Buah anggur, khususnya anggur merah, mengandung antioksidan dalam jumlah besar, berupa antisianin. Antioksidan dalam anggur ini Bisa membantu mencegah kerusakan sel karena terpapar radikal bebas. Radikal bebas merupakan pemicu timbulnya berbagai penyakit seperti kanker dan Agresi jantung. Anggur juga mengandung serat dan flavonoid. Flavonoid inilah yang berperan menurunkan kadar kplesterol Dursila yang bersarang ditubuh kalian.

Selain buah, biji anggur juga mengandung zat antioksidan antara lain antrosianidin, tanin, dan polifenol, yang sangat bermanfaat mencegah penyakit kanker dan jantung. Pad abagian kulit anggur mengandung polifenol jenis resveratrol yang melawan pengaruh buruk radikal bebas, seperti kerusakan dinding sel pembuluh darah. selain itu, reveratrol Bisa membantu menurunkan tekanan darah di penderita hipertensi.

Khasiat dan Manfaat Buah Anggur

1. Menyembuhkan Asma
Anggur memilikikekuatan assimilatory yang Bisa melonjakkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat bagus untuk penderita asma di karenakan Bisa mengurangi masalah sesak nafas.

2. Mengurangi Risiko terkena Penyakit Alzheimer
Anggur Bisa melonjakkan kesehatan otak sehingga akan mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer.

3. Melindungi Tubuh dari Infeksi
Anggur merah mempunyai kandungan antibakteri dan antivirus yang kuat, sehingga Bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit infeksi.

4. Mencegah Kanker P***da**
Jus anggur yang berwarna ungu membantu mencegah kanker dan tumor di p***da**.

5.Mengatasi Sembelit ( Sulit BAB )
Anggur mengandung asam organik, gula,d an selulosa, yang dikenal sebagai pencahar. Senyawa ini sangat bagus untuk mengatasi amsalah sembelit atau susah BAB.

6. Memberi energi
Jus Anggur mengandung energi instan. ANggur yang kaya akan zat besi Bisa mengurangi kelelahan.

7. Mencegah Penyakit Jantung
Anggur berkhasiat mencegah pembekuan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga Bisa menghentikan oksidasi kollesterol Dursila yang menghambat pembuluh darah.

8. Mengatasi masalah Pencernaan

9. Menyembuhkan Migrain
Mengomsumsi jus anggur tanpa campuran air setiap pag Bisa menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.

10. Anti Aging
Ekstrak bijianggur sangat ampuh untuk memerangi penuaan.

11. Mengatasi Peradangan Prostat pad aPria
Seng dan mangan juga Bisa mengatasi peradangan prostat.

12. Mengatasi masalah Ginjal
Anggur Bisa membantu menyingkirkan asam di ginjal. Ini akan mengurangi masalah di ginjal.

Ramuan dari Anggur

Hasil riset yang pernah dilakukan di tahun 2004 lalu oleh Jane Freedman dari Boston University Medical School menunjukkan minum jus anggur dalam 14 hari berturut-turut mampu menaikkan kadar HDL serta menurunkan kolesterol total, berikut ini cara membuat jus anggur yang bagus dan benar:

  • Tempatkan buah anggur yang telah dicuci dalam panci besar. Lalu masukkan air kedalamnya hingga terendam, setelah itu panaskan diatas kompor dengan api kecil hingga mendidih.
  • Saat mendidih, biarkan hingga semua buahnya terkupas dari kulitnya.
  • Ambil kain putih yang rapat di atas suatu saringan atau corong, lalu tempatkan wadah di bawahnya.
  • Perlahan-Tanah tuangkan hasil rebusan anggur dan air, lalu biarkan sari anggurnya tersaring hingga tersisa kulit dan juga bijinya. Dinginkan selama 1-2 hari.
  • Untuk menghasilkan sari anggur yang manis, tuangkan sari anggur yang sudah dingin ke dalam panci, lalu panaskan dengan api kecil. Tambahkan gula dan aduk rata. Setelah itu, biarkan jus dingin.
  • Saring kembali sari anggur dengan memakai kain Higienis atau filter kopi, lalu tuang jus ke dalam botol. Simpan dalam kulkas. – :  Sering Cemas, Gugup dan Gelisah? Coba Ramuan Herbal Ini

Ini Dia 12 Khasiat Terbaik Buah Anggur