Ketahui Inilah Obat Herbal Asam Urat dan Rematik Yang Ampuh

Ketahui Inilah Obat Herbal Asam Urat dan Rematik Yang Ampuh

Asam urat dan rematik merupakan penyakit yang sering dialami oleh mereka yang kelebihan asam urat pada tubuhnya. Pengobatan tradisional cukup banyak dimanfaatkan pengidap penyakit asam urat dan rematik ini. Asam urat dan rematik merupakan penyakit yang sering dialami oleh mereka yang kelebihan asam urat pada tubuhnya. Pengobatan tradisional cukup banyak dimanfaatkan pengidap penyakit asam urat dan rematik ini.

baca juga : Ramuan Herbal Untuk Asam Urat

Herbal Asam UratPengobatan asam urat dan rematik sering kali memang menggunakan obat modern. Namun, kerapkali pengobatan tersebut memiliki efek samping berupa gangguan pada lambung. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda menggunakan pengobatan tradisional.

  1. Mengkudu (Morinda Citrifolia). Buah ini dipercaya memiliki khasiat sebagai pengurang rasa nyeri dan anti-inflamasi alamiah. Ekstraknya dapat menghambat enzim siklooksigenase-2 (COX-2) yang akan menyingkirkan penimbul rasa nyeri, prostaglandin (PGE). Mengkudu juga mengandung senyawa scopoletin yang memiliki sifat anti-inflamasi.
  2. Sambiloto (Andrographis paniculata). Khasiat : anti-radang, menghilangkan nyeri, dan penawar racun.
  3. Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus). Khasiat : anti-radang, peluruh kemih, serta menghancurkan batu ginjal dari kristal asam urat.
  4. Daun salam (Eugenia polyantha). Khasiat : peluruh kencing dan penghilang nyeri
  5. Alang-alang (Imperata Cyllindrica). Khasiat : peluruh kemih
  6. Ceplukan (Physalis angulata). Khasiat : peluruh kemih, anti-radang, meredakan sakit, dan menetralkan racun.
  7. Temulawak (curcuma xanthorrhiza). Khasiat: anti-radang, menghilangkan nyeri dan peluruh kemih.
  8. Jahe Merah (Zingiber Officinale). Khasiat: anti-radang, anti-reumatik, dan melancarkan sirkulasi darah.
  9. Kunyit (Curcuma Longa). Efek : anti-radang, menghilangkan nyeri, serta melancarkan darah dan vitalitas energi.
  10. Meniran (Phyllanthus Urinaria). Khasiat anti-radang, peluruh kemih, dan penurun panas.

Berikut Resep-resep tumbuhan obat untuk mengatasi asam urat :

  • Resep 1. Rebuslah 10 gram sambiloto kering, 20 gram kunyit dan 15 lembar daun salam, dengan 600 cc air. Setelah air tersisa 300 cc, disaring. Minumlah air tersebut dua kali sehari.
  • Resep 2. Rebuslah 30 gram daun kumis kucing kering atau 60 gram yang segar, 60 gram akar alang-alang, 15 gram ceplukan kering atau 30 gram yang segar , dengan 600 cc air. Setelah air tersisa 300 cc, disaring. Lalu airnya diminum.
  • Resep 3. Rebuslah 30 gram temulawak, 30 gram jahe merah, 2 buah mengkudu, dan 2 batang sereh, dengan 600 cc air. Setelah air tersisa 200 cc, disaring. Lalu airnya diminum.
  • Resep 4.Rebuslah 30 gram akar sidaguri kering dan 30 gram anting-anting beserta akarnya dengan air 600 cc. Setelah air tersisa 200 cc, disaring. Lalu airnya diminum setelah dingin.
  • Resep 5. Makanlah buah sirsak. Bisa juga dengan dibuat jus. Lakukanlah setiap hari.
  • Resep 6. Rebuslah 7 lembar daun salam dengan 400 cc air, setelah air tersisa 200 cc, minumlah pagi dan sore hingga sakit Anda terasa berkurang.
  • Resep 7. Minumlah 2 sdm cuka apel, 50 cc air hangat, dan 1 sdm madu. Lakukan selama satu minggu ketika bangun pagi dan menjelang tidur.
  • Resep 8. Rebuslah dua buah mengkudu segar yang matang, 15 gram pegagan kering, 30 gram sidaguri kering beserta akar dengan 4 gelas air. Setelah air tersisa 2 gelas lalu disaring . minumlah dua kali sehari masing-masing satu gelas.
  • Resep 9. Rebuslah 60 gram daun sidaguri dan 3 gelas air. Setelah air tersisa 2 gelas disaring, lalu diminum airnya.
  • Resep 10. Rebuslah 10 gram sambiloto kering, 30 gram temulawak,25 gram jahe merah, 2 batang serai dengan 800 cc air. Setelah air tersisa 400 cc, lalu disaring . minumlah dua kali sehari.
  • Resep 11. Rebuslah 30 gram tumbuhan kumis kucing kering, 15 gram ceplukan kering, 30 gram alang-alang kering, dengan 800 cc air. Setelah air tersisa 400 cc, lalu saring. Minumlah sebanyak 200 cc, dua kali sehari.
  • Resep 12. Rebuslah 30 gram meniran segar, 20 gram kunyit, 30 gram anting-anting beserta akarnya dengan 800 cc air. Setelah air tersisa 400 cc, lalu saring. Minumlah dua kali sehari.

Adapun tumbuhan herbal lain yang bisa menurunkan kadar purin antara lain daun alpukat, daun sambiloto, daun pegagan, buah merah, seledrim daun tempuyung, dan pare. Khusus untuk sidaguri, khasiat tanaman ini didapatkan dari kandungan kimiawi di dalamnya, yaitu alkaloid, kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino, minyak terbang dan zat philegmatic. Pada batangnya, mengandung tanin dan kalsium oksalat. Pada akarnya pun terdapat kaloid, steroid, dan efedrine. Dalam pengobatan tradisional, bagian yang digunakan adalah seluruh bagian tumbuhan denan kondisi segar atau dikekringkan.

Sidaguri  juga dapat digunakan untuk mengobati rematik, siapkan 60 gram sidaguri, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring. Lalu airnya diminum.