Pengobatan Herbal Diabetes Mellitus

Pengobatan Herbal  Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus merupakan suatu kelainan yang ditandai dengan adanya gangguan metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak, yan diikuti dengan komplikaksi pada pembuluh darah, baik pembuluh darah besar maupun kecil. Penyakit diabetes mellitus berkaitan erat dengan kadar glukosa dalam darah. Pada umumnya penyakit ini berhubungan dengan faktor keturunan.

Pada keadaan normal, glukosa dalam darah akan digunakan oleh tubuh sebagai sumber kalori atau disimpan sebagai cadangan energi. Mekanisme keseimbangan glukosa dalam darah diatur oleh berbagai macam hormon tubuh seperti insulin dan glukagon. Baik insulin maupun glukagon keduanya sama-sama diproduksi di dalam pankreas. Produksi insulin disebabkan adanya glukosa dalam darah, hormon-hormon lain, dan faktor saraf. Produksi insulin dapat terjadi apabila kadar glukosa dalam da rah berada di atas 100-125 mg/dl.

Keberadaan insulin dan glukagon sangat penting dalam hal mempertahankan kadar glukosa dalam darah agar tetap berada pada batas normalnya. Koordinasi keduanya sangat diperlukan untuk mengendalikan kondisi kelebihan gula (hiperglikemi) maupun kekurangan gula (hipoglikemi).

Related Post

Penyebab Penyakit Diabetes Mellitus

Penyakit diabetes mellitus disebabkan olleh rusaknya kelenjar pankreas yang memproduksi hormon insulin dan glukagon. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kerusakan kelenjar pankreas, khususnya kerusakan fungsi endokrin yang dapat memicu timbulnya penyakit diabetes mellitus. Faktor-faktor tersebut diantaranya faktor genetik, virus, bakteri nutrisi, maupun kerusakan pankreas itu sendiri yang disebabkan oleh adanya proses peradangan, tumor, kista, dan sebagainya.

Berikut diantara penyebab terjadinya penyakit diabetes mellitus.

Faktor keturunan (genetik)

Para ahli kesehatan menyatakan bahwa sebagian besar penderita diabetes mellitus memiliki riwayat keluarga yang menderita penyakit tersebut. Penyakit diabetes mellitus yang disebabkan karena faktor kekturunan disebut dengan diabetes mellitus juvenile atau biasa dikenal dengan istilah “juvenile onset diabetes:. Diabetes mellitus juvenile memrupakan suatu penyakit keturunan yang diturunkan secara resesif dan bermaniestasi sebelum umur 15 tahun.

Pengaruh Virus

Virus dapat memicu terjadinya diabetes mellitus melalui reaksi otoimunitas yang mungkin dipicu oleh faktor lingkungan . virus yang diduga menyebabkan penyakti diabetes mellitus adalah rubela mumps dan human coxsackievirus B4.

Pengarus senyawa-senyawa kimia tertentu

Senyawa kimia seperti alloxan, pyrinuron, streptozotocin (produk dari jenis jamur ) dan glikosida sianogenik yang berasal dari singkong dapat turut memicu munculnya penyakit diabetes mellitus. Sianida yang terdapat dalam glikosida sianogenik dapat menyebabkan kerusakan pankreas sehingga pada akhirnya menimbulkan penyakit DM.

Bakteri

Para ahli menduga bahwa sebagian penyakit DM disebabkan oleh pengaruh bakteri. Akan tetapi, penjelasan lanjut mengenai dugaan ini masih terus diselidiki.

Pengaruh nutrisi

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ternyata juga dapat memengaruhi munculnya penyakit diabetes Mellitus. Hal ini bisa terjadi apabila nutrisi dalam tubuh terlalu berlebihan (overnutrition). Semakin besar pula kemungkinan terjadinya obesitas. Pada akhirnya hal tersebut dapat memicu timbulnya penyakit DM.

Gejala penyakit Diabetes mellitus

Penyakit diabetes mellitus sebenarnya baru dapat diketahui setelah melalui pemeriksaan medis. Akan tetapi, secara umum terdapat tanda-tanda yang mengindikasikan munculnya penyakit ini. Gejala penyakit diabetes mellitus secara umum diantaranya adalah sering kebelet pipis pada malam hari, sering merasa haus, dan sering merasa lapar.

Pada awalnya banyak orang mengira bahwa penyakit diabetes mellitus hanya dapat diderita oleh orang dewasa maupun orang lanjut usia. Akan tetapi, saat ini sudah mulai banyak kasus munculnya diabetes mellitus pada anak-anak. Pada anak kecil, gejala munculnya penyakit ini akan lebih cepat. Seorang anak yang menderita penyakit diabetes mellitus akan sulit bertambah gemuk atau sulit bertambah kurus, memiliki nafsu makan yang besar, sering merasa haus, sering buang air kecil, mengompol, kulit menjadi kering dan gatal, serta adanya infeksi kulit. Pada kondisi yang parah, anak-anak bahkan bisa menjadi koma.

Pengobatan penyakit Diabetes mellitus dengan Ramuan herbal

Secara medis, pengobatan yang dierikan kepada para penderita diabetes mellitus  adalah injeksi insulin. Injeksi insulin ini diharapkan dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Num, tentunya injeksi insulin tidak dapat dilakukan sembarangan karena dapat mengakibatkan terjadinya hipoglikemia. Karena itulah pengobatan tersebut harus berada dalam pengawasan dokter dan ahli medis.

Namun, selain melalui jalur medis, ada pula sejumlah alternatif pengobatan yang dapat ditempuh untuk membantu mengobati penyakit ini. Salah satunya adalah memanfaatkan tanaman obat yang sudah dikenal oleh masyarakat. Pengobatan ini diakui oleh sebagian orang dapat memberikan manfaat yang baik dibandingkan dengan obat-obatan modern. Tidak sedikit orang yang mengaku merasa jauh lebih baik setelah melakukan pengobatan tradisional atau herbal.

Ada beberapa macam resep pengobatan diabetes mellitus melalui obat-obatan herbal, diantaranya adalah sebagai berikut:

Ramuah herbal Diabetes Mellitus I

Bahan :

10 gram sambiloto kering

21 lembar daun mimba

20 cm batang brotowali, dipotong-potong

Cara membuat :

Semua bahan dicuci, kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga menjadi 3 gelas. Perebusan menggunakan api kecil. Hasil rebusan disaring, dan kemudian diminum. Konsumsi dapat dilakukan sebanyak 3 kali sehari, 1 jam sebelum makan.

Ramuah herbal Diabetes Mellitus yang disertai dengan pandangan mata kabur 

Bahan :

10 gram sambiloto kering

20 cm batang brotowali

20 gram daun sendok kering

10 gram daun pegagan kering

Cara membuat :

Semua bahan dicuci, kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Ramuan disaring, selanjutnya diminum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas seetiap kali minum. Sebaiknya diminum 1 jam sebelum makan.

Ramuah herbal Diabetes Mellitus yang disertai luka yang tidak lekas sembuh

Bahan :

10 gram sambiloto

10 gram pegagan

10 gram daun kumis kucing

Cara membuat :

Semua bahan dicuci, kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas saja. Diminum 3 kali (1 gelas) per hari sebelum makan. Ampas sisa rebusan dapa ditempelkan dibagian tubuh yang terluka.

Ramuah herbal Diabetes Mellitus disertai gatal-gatal/alergi kulit

Bahan :

10 gram sambiloto

12 gram daun mimba kering

Cara membuat :

Sambiloto direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, sedangkan daun mimba kering direbus dengan 1 liter air hingga mendidih. Air rebusan sambiloto diminum 3 kali (1 gelas) per hari, sedangkan air rebusan mimba digunakan setelah selesai mandi untuk membilas kulit yang gatal. Apabila gatal hanya ada dibagian tubuh tertentu, maka bagian itu dapat dibasahi atau dicuci dengan air rebusan mimba.

Pengobatan Herbal  Diabetes Mellitus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

      lomboksecretstour.com lihat di sini
      Free transfers, Reliable operators