Tips Membuat Resep Manjur untuk Hipertensi

Tips Membuat Resep Manjur untuk Hipertensi

Ketika seseorang telah divonis menderita hipertensi, maka seluruh hidupnya akan dibayangi penyakit ini. Banyak penelitian menyatakan bahwa penyakit ini menduduki peringkat kedua diantara penyakit –penyakit ganas lainnya. Lebih parah lagi, banyak pasien hipertensi tidak mengetahui apakah dirinya mengidap hipertensi atau tidak.

Pada kondisi lebih lanjut, ternyata hipertensi pula yang menjadi biang kerok terbesar terjadinya serangan stroke, penyakit jantung, diabetes, atau ginjal.

Banyak ramuan tradisional dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Beberapa ramuan sudah diteliti secara laboratoris. Contoh bahan yang berkhasiat menurunkan tekanan darah adalah dengan daun dan buah alpukat, mengkudu masak, mentimun, daun seledri air, bawang putih, daun dan buah belimbing bintang, buah belimbing wuluh, daun tapak dara, akar pepaya, rambut jagung, serta adas pulowaras. Jika tekanan darah sudah kembali normal, dapat dihentikan pemakaiannya. Pemakaian berlebihan dapat menurunkan tekanan darah di bawah normal.

Berikut beberapa resep tradisional untuk hipertensi antara lain:

  1. Buah mengkudu/pace sebanyak 1 buah ukuran sedang yang cukup tua (masak). Cuci bersih dan diiris-iris atau diparut , kemudian peras airnya. Air perasan diminum sekaligus. Diminum 2 sampai 3 kali sehari. Ramuan ini dapat dikombinasikan dengan daun kumis kucing sebanyak 15-20 lembar dengan cara direbus.
  2. Daun alpukat segar 5-7 lembar. Cuci bersih, tambahkan air 2 gelas kemudian rebus sampai diperoleh 1 gelas larutan. Minum sekaligus atau dibagi menjadi 2 kali minum pagi dan sore.
  3. Bawang putih 2 siung dan 10 lembar daun seledri. Bawang putih dikupas dan dicuci. Kedua bahan itu diblender atau ditumbuk bersama-sama sampai lembut. Setelah itu, diseduh dengan air panas sebanyak ½ gelas. Tutup rapat. Jika airnya sudah dingin, peras dan saring. Minumlah air saringan itu dua kali sehari ½ gelas. Ramuan ini tidak tahan lama sehingga harus dibuat baru setiap kali diminum. Minum  3 hari berturut-turut, kemudian kontrol tensinya . jika sudah normal hentikan selama 1 hari. Selanjutnya minum lagi 1 kali sehari selama 5 hari. Perlu diperhatikan meminum ramuan ini secara terus-menerus dapat menurunkan tensi terlalu drastis sehingga badan mmenjadi lemas.
  1. Kunyit sebanyak 5 sendok makan, 2 sendok makan temulawak. 1 sendok makan asam hitam, gula jawa secukupnya, dan airmatang ¼ gelas. Tumbuk atau haluskan semua bahan-bahan tersebut sampai lumat benar. Kemudian, tambahkan air matang. Peras dan ambil sarinya. Minum ramuan tersebut secara teratur dua kali seminggu.
  2. Mentimun 2 buah setengah tua yang panjangnya sejengkal dan 3 siung bawang putih. Mentimun dan bawang putih dikupas, dicuci, dan diparut. Tambahkan ½ gelas air dingin. Campur semuanya, peras, dan saring. Untuk penderita dengan tensi di atas 200 mm Hg, minum 3 kali sehari1/2 gelas. Frekuensi minum 3 hari berturut-turut., kemudian kontrol dahulu tensinya. Bila sudah normal, hentikan sehari. Setelah itu, minum lagi 1 kali sehari ½ gelas. Jika belum normal, pengobatan dapat dilanjutkan sampai seminggu.

Demikian beberapa ramuan tradisional yang terbukti manjur dan dapat Anda guakan untuk mengobati penyakit tekanan darah Anda. (referensi : Hidup bahagia dengan hipertensi)

Tips Membuat Resep Manjur untuk Hipertensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

      harga tiket murah
      List Lengkap Promo Tiket 2016 !